Walaupun kapal titanic telah karam, tetapi titanic masih di kenang sampai saat ini, dan hari ini tepat pada tanggal 14 April 2012 adalah tepat 100 tahun karam nya kapal titanic
Tenggelamnya Titanic merupakan salah satu Tragedi terbesar abad 20. Dengan teknologi terbaru dalam hal keamanan bagaimana bisa Titanic yang begitu besar dibangun dalam waktu 5 tahun tenggelam?
Berikut adalah kronologis tenggelamnya kapal titanic:
10 April 1912 Titanic berangkat dari Sothampton, Inggris. Kemudian singgah untuk mengambil penumpang dan keperluan di Cherbourg, Prancis; Queenstown, Irlandia.
10 April 1912 Titanic berangkat dari Sothampton, Inggris. Kemudian singgah untuk mengambil penumpang dan keperluan di Cherbourg, Prancis; Queenstown, Irlandia.
14 April 1912 Titanic telah menerima 6 peringatan bahwa ada bahaya gunung es sebelum tenggelamnya Titanic pada esokan harinya.
09:00 Dari RMS Caronia, isi pesan, “bergs, growlers and field ice”
13:42 Dari RMS Baltic meneruskan laporan kapal Yunani, Athenia, “passing icebergs and large quantities of field ice"
Kedua pesan diatas, diketahui ke kapten Smith dan diteruskan ke J. Bruce Ismay untuk selanjutnya mengubah arah Titanic menjadi ke arah selatan.
13:35 Dari SS Amerika, isi pesan, “passed two icebergs” tetapi pesan ini tidak sampai ke kapten demikian pesan selanjutnya, tanpa diketahui alasannya.
19:30 Dari SS Californian, isi pesan, “three large bergs”
21:40 Mesaba, isi pesan, “Saw much heavy pack ice and great number large icebergs. Also field ice.”
22:30 Dari SS Californian (lagi) yang berhenti karena adanya gunung es tetapi operator Titanic, Jack Phillips yang sedang berkomunikasi mengantarkan pesan penumpang ke Cape Race, memarahi operator SS Californian karena mengganggu transmisinya.
15 April 1912
00:05 Kapten Smith memerintahkan evakuasi
Seluruh penumpang dibangunkan dari pintu ke pintu. Banyak penumpang dan
kru yang tidak percaya dengan (sekali lagi) arogansi “unsinkable”
00:15 Penumpang diminta menggunakan pelampung
00:20 Pengisian skoci dimulai
Terdapat berbagai kekacauan yang terjadi. Mungkin karena kebimbangan kapten Smith, pengisian skoci tidak maksimal, banyak skoci yang kosong, kacau balau terjadi.
00:55 Skoci no. 6 diturunkan dengan (lagi- lagi) hanya 28 penumpang
Pada menit- menit berikutnya;
Skoci no. 5 dengan 41 penumpang, skoci no. 3 dengan 32 penumpang, skoci no. 8 dengan 39 penumpang dan skoci no.1 dengan 12 orang saja.
01:30 Skoci yang tersisa no. 11, no. 13, no. 15 diisi melebihi kapasitas
01:35 Skoci no.14 diturunkan dengan 40 penumpang
01:40 Skoci “Collapsible” C diturunkan
Skoci tipe ini berbeda dengan skoci konvensional, skoci ini lebih kecil dan mempunyai semacam kain yang dapat dinaikan di pinggir skoci.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar